November 30, 2021

Kabar Nasional Indonesia

Kabar Terkini & Terupdate

Ayo Diet Kantong Plastik

Infoone – Penggunaan plastik telah menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari. Setiap membeli barang di pasar, mall, supermarket pasti akan ada saja penggunaan plastik di dalamnya. Plastik memang tidak bisa dijauhkan dari kehidupan sehari – hari, karena bahannya yang anti air dan ringan. Namun, dibalik banyaknya kegunaan plastik dalam kehidupan sehari – hari, sampah plastik amat mengancam kesehatan dan keseimbangan lingkungan. Sampah plastik membutuhkan puluhan sampai ratusan tahun untuk bisa terurai secara alami.

Setiap hari semua orang menyumbangkan sampah plastik, bahkan Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar ke dua di dunia, yakni sebanyak 5,4 ton per tahun. Sampah plastik tidak hanya menjadi sumber penyakit di daratan, namun juga dapat merusak ekosistem laut.

Produksi sampah plastik memang tidak bisa dihentikan, namun sangat mungkin untuk dikurangi. Upaya – upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik adalah :

  • Membatasi pemakaian kemasan plastik
  • Mebawa tas belanka sendiri
  • Simpan makanan dalam toples kaca
  • Kurangi memesan makanan, dan masaklah sendiri
  • Olah sampah plastik jadi barang baru

Upaya mengurangi sampah plastik bisa dimulai dengan kebiasaan kecil. Langkah pengolahan plastik ini dapat menyempurnakan gaya hidup 4R yang ramah lingkungan. (efr) https://www.dekoruma.com