Mon. Dec 5th, 2022

Tabanan, Bali – Terhitung mulai hari ini Senin 17 Oktober 2022 sampai tanggal 1 Nopember 2022, Polres Tabanan menggelar Operasi Kepolisian khusus Kewilayahan dengan Sandi “OPS CIPKON AGUNG 2022” dengan tujuan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) guna mewujudkan situasi kamtibmas Kabupaten Tabanan aman kondusif, sekaligud mendukung dan mensukseskan rangkaian KTT G20 tahun 2022.

Padi tadi skitar pukul 08:30 Wita, Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra S.I.K, M.H memimpin langsung Apel gelar kesiapan pasukan di Aula Wisnu Hartono, yang dihadiri Waka Pores Tabanan, para PJU dan anggota juga PNS Polres Tabanan.

Dalam sambutanyya Kapolres Tabanan menegaskan kesiapan akhir untuk pelaksanaan Operasi Cipkon Agung 2022 agar dilakukan pengecekan, seperti pelibatan personil sekaligus Sarpras pendukung.

“Operasi Cipkon Agung 2022 ini akan berlangsung selama 16 hari, terhitung mulai 17 Oktober s/d 01 Nopember 2022, melibatkan 70 personil, dengan tujuan mewujudkan kamtibmas Kabupaten Tabanan lebih aman kondusif menjelang KTT G20, sekaligus mencegah dan menangkal segala bentuk ancaman,  meniadakan ruang gerak dan pengaruh terorisme serta ancaman kriminalitas lainnya guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para Delegasi yang mengikuti rangkaian kegiatan KTT G20 di Nusa Dua Bali”. Ucap Kapolres Tabanan (Senin 17/10/2022).

Kapolres Tabanan meminta para anggota yang terseprin dalam Ops Cipkon Agung 2022 nantinya benar-benar malaksanakan secara cermat dan terarah.

“Sasaran operasi meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG) dan Ambang Gangguan (AG), mencegah dan menangkal segala bentuk potensi ancaman, Seluruh anggota yang hadir disini agar mengetahui tugas  dan perannya masing-masing serta melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sehingga situasi kamtibmas menjelang KTT G20 tahun 2022 tetap aman kondusif, ” ujar Kapolres Tabanan.

Pengesahan dan mengawali Apel Operasi Cipkon Agung 2022 ditandai dengan penyematan pita kepada perwakilan anggota yang ditunjuk.

Kapolres Tabanan juga menekanan agar dipedomani :

  1. Laksanakan kegiatan Deteksi aksi meliputi lidik, Pamgal terhadap berbagai faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya gangguan kamtibmas menjelang KTT G20 tahun 2022.
  2. Laksanakan penggalangan dan Binluh terhadap Tomas, Todat dan segala aspek kehidupan masyarakat yang berpetensi menimbulkan gangguan kamtibmas,
  3. Laksanakan kegiatan Patroli berseragam guna mencegah tindak kejahatan jalanan, pelaku kriminalitas dan Terorisme.
  4. Laksanakan razia-rasia / pemeriksaan di tempat-tempat yang dianggap rawan kejahatan, penyelundupan, penyusupan maupun gangguan keamanan lainnya.
  5. Lakukan penegakkan hukum terhadap tindak pidana yang terjadi dan berpetensi dapat mengganggu situasi kamtibmas menjelang pelaksanaan KTT G20

Diharapkan arahan Pimpinan agar menjadi pedoman/dipahami, utamanya terkait CB (cara bertindak) agar sesuai dengan perundang-undangan dan SOP dimasing-masing Sat Gas ada kesamaan, selalu kompak, saling dukung dan tetap terjalin komunikasi, koordinasi antar personal dan juga bersinergi dengan Instansi terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published.