Mon. Jul 22nd, 2024

kabarnasional.id || Selain pengajaran dan penelitian, salah satu aspek yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM dilakukan sebagai salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh civitas akademika suatu universitas. Tidak terkecuali bagi dosen dan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

Sabtu, 12 Agustus 2023 tim PKM dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) yang diketuai oleh Laely Hidayati, S.Pd., M.Pd. melaksanakan PKM di TK Masjid Agung Jami’ Malang. Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 50 orang tua siswa TK ini mengusung topik “Peningkatan Kapasitas dan Pemahaman terhadap Pola Asuh dan Pemenuhan Gizi Seimbang Anak bagi Orang Tua di Kota Malang”. Tema ini diangkat berkaitan dengan tingginya prevalensi stunting khususnya di Kota Malang yang mencapai angka 18 persen pada 2022. Dimana strategi untuk mencegah stunting sendiri dapat dimulai dengan penerapan pola asuh yang baik pada anak.

Acara ini dibawakan dengan menghadirkan dua pemateri terkait gizi dan pola asuh dipandu oleh Dr. Diah Royani Meisani, S.S., M.Pd. sebagai moderator. Acara dimulai dengan penyampaian materi pertama oleh Ibu Yuniar Angelia Puspadewi M.Kes terkait Pemenuhan Gizi Seimbang. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Pola Asuh Orang Tua oleh dokter parenting yang ada di Kota Malang yakni dr. Martina Sylviarini, S. W. Pola asuh yang merupakan praktik-praktik pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua bertujuan untuk memenuhi kebutuhan baik fisik maupun non fisik anak. Dengan memberikan makanan dengan gizi seimbang, orangtua telah memperhatikan kebutuhan nutrisi anak yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak yang optimal.

“Acara ini merupakan program yang sangat baik dan luar biasa, dimana bisa menunjang program sekolah terkait peningkatan status gizi terkait pola asuh anak. Hal ini sangat penting karena untuk mencapai perkembangan optimal pada anak dibutuhkan pemahaman pola asuh yang baik dari orang tua karena sejatinya waktu anak di rumah lebih panjang dari waktu di sekolah. Harapannya, akan ada banyak kegiatan pengabdian, terutama dengan topik yang belum banyak dibahas seperti pendidikan seksual pada anak.”, ujar Ikhwan Kurniawan, S.Pd Kepala Sekolah TK Masjid Jami’.

Dengan diadakannya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan orang tua akan lebih sadar akan pentingnya status gizi pada anak dalam menunjang pertumbuhan dan perkemabangan. Selain itu, diharapkan ada penurunan signifikan terhadap angka stunting di Kota Malang sehingga perlahan Indonesia akan menjadi negara bebas stunting. (NS & DRM)

By syugmay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *