Tue. Feb 7th, 2023

TABANAN – Dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan potensi kehumasan di satuan wilayah jajaran Polda Bali. Divisi Humas Polri memberikan arahan kepada Kapolsek jajaran Polres Tabanan, Kasatfung, Kasi Humas Polsek jajaran dan operator PID masing masing satuan fungsi serta Polsek. Kegiatan berlangsung pada hari Kamis tanggal 25/8/2022 pukul 14.00. sampai dengan 16.00 wita di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan.

Kegiatan  dibuka oleh Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., selanjutnya para peserta menerima arahan Kabag Pensat Div Humas Polri Kombes Pol. Hendra Rochmawan, S.I.K., M.H., selaku ketua Tim.

“Kegiatan ini merupakan penerangan satuan wilayah dalam penguatan managemen media. Kami dari pensat merangkum semua divisi humas untuk disampaikan kepada jajaran mulai dari tupoksi, inovasi dan inovasi mendukung program penerintah.” Ungkap Kabag Pensat Div Humas Polri.

“Kita merupakan bagian dari kementrian lembaga sebagai pengemban fungsi harkamtibmas penegakan hukum saat ini kita juga ada kegiatan PPK yang mana ada program-program yang harus dicapai termasuk mendukung program
pemerintah salah satunya dalam penanggulangan Covid-19.”

“Fungsi humas sebelumnya oleh sebagian orang tidak begitu menarik dan karena tuntutan jaman digitalisasi dan cepatnya arus informasi tidak hanya melalui media cetak, televisi namun juga melalui media online / media sosial dengan berbagai karakter masing-masing menjadi sumber informasi yang menjadi tantangan bagi kita kedepannya”.

“Saat inilah managemen media harus kita perkuat manajemen media sangatlah penting karena opini publik dipengaruhi perilaku dan bagaimana media memberitahukan ke Publik.”

“Ketika managemen media dipegang maka kadiv humas, Kabid Humas menjadi King Maker bukan hanya sebagai juru bicara institusi tetapi juga membangun kepercayaan publik dengan menjual apa yang menjadi kegiatan dan prestasi institusi.”

“Tugas fungsi humas tidak mudah akan tetapi dengan semangat dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi kita bisa meraih kembali kepercayaan publik dengan langkah-langkah yang sudah dilakukan pimpinan, apa yang menjadi kebijakan pimpinan  harus ikut mendukungnya.”

“Program pemerintah terkait dengan Vaksinasi Covid-19 dan juga Penanganan penyakit PMK dan Perhelatan Internasional G20 yang akan datang menjadi tugas kita untuk mensukseskan kegiatan tersebut.”

Kabag Pensat Div humas Polri juga menyampaikan bahwa “Humas ini bukan hanya sebagai juru bicara juga mempunyai seni dalam mencari informasi data yang valid, harus banyak mendengar dari internal maupun eksternal yang akan di rangkum dibuatkan narasi supaya tidak menyinggung berbagai pihak dan tidak terjadi permasalahan, kita jangan terlalu menjauh dengan media sebisa mungkin kita rangkul.” Tutup Kabag Pensat Div humas Polri.

Sedangkan Kabag Pemanalis Div Humas Polri Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa “Strategi Komunikasi Transformasi Digital, kita harus mengetahui kita berada posisi dimana, saat ini komunikasi sangatlah penting ketika komunikasi itu tidak baik maka bisa menjadi masalah. Dalam Revolusi industri dan evolusi media saat ini kita masuk era Industri 4.0 segala sesuatu sudah terintegrasi jaringan internet.” Kabag Pemanalis Div Humas Polri.

“Evolusi teknologi dan komunikasi, evolusi media dimana Fenomena Video virtual saat ini sudah dianggap nyata apa yang ada di medsos dianggap nyata. Melihat kondisi dunia digital, dampak transformasi digital sangat berpengaruh pada perubahan mindset, perilaku manusia, budaya, proses dan teknologi, semua harus bisa cepat beradaptasi” Ujar Kabag Pemanalis Div Humas Polri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.