Tue. Oct 4th, 2022

Kapolda Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra S.H., M.Si., bersama Gubernur Bali Dr. Ir. Wayan Koster M.M., Hadiri perayaan tumpek uye segara kerthi di Pura Baturancang, Desa Adat Yeh Gangga Sudimara, Tabanan, pada Sabtu 27 Agustus 2022.

Acara di awali Rombongan dengan melaksanakan Persembahyangan bersama di Pura Baturancak Yehgangga.

Dalam sambutannya Gubernur Bali menyampaikan ucapakan terimakasih dalam perayaan upacara tumpek Uye untuk melaksanakan kegiatan dalam acara wewalungan binatang atau satwa, untuk itu sebagai manusia kita wajib memuliakannya dan membudidayakan bagi penerus kita, melestarika bukan untuk umat agama Hindu di Bali saja namun kita semua harus melakukan sikap toleran kepada alam.

Satwa yang lebih dahulu ada di bumi ini dan untuk itu kita sebagai manusia menghormati dengan upacara tepatnya pada tumpek uye semua tertuang dalam surat edaran gubernur tata titi kehidupan bermasyarakat Bali berdasarkan kearifan lokal ‘Nangun Sad Kerthi Loka Bali” dalam Bali era baru dimana toleransi kita terhadap alam dan binatang harus dijaga dengan baik sehingga tercipta keseimbangan alam untuk tercapainya visi misi yakni Nangun Sad Kerthi Loka Bali dalam pola semesta berencana.

Hari ini kita akan melepas burung dan tukik ke alam liar dan kita harus mensosialisasikan kepada masyarakat agar semua masyarakat bisa menjaga dan melindungi hewan yang di lindungi supaya hewan yang langka tersebut tidak cepat punah.

Marilah kita bersinergi untuk bergotong royong dalam kegiatan segara kerthi, kita akan melepas 100 ekor tukik dan burung, vaksinasi anjing dan sapi serta giat membersih di seputaran pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.