Thu. Dec 1st, 2022

Polresta Malang Kota – Terkait penanggulangan bencana alam, yang baru saja terjadi erupsi Gunung Semeru, tentunya banyak masyarakat, terutama warga sekitar Semeru yang terdampak, Sesuai arahan dari Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto S.I.K, M.Si menunjuk anggota untuk ditugaskan, baik untuk tim evakuasi maupun tim pendampingan dan logistik pada hari ini (Selasa, 07/12/21) diberangkatkan ke lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Anggota selain mengantar bantuan sembako dan kebutuhan untuk warga terdampak erupsi, Tim Trauma Healing Sama Rama Polresta Malang Kota juga diberangkatkan dengan mengemban amanah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, bertujuan untuk melakukan pendampingan serta memberikan layanan psikososial kepada korban bencana alam erupsi Gunung Semeru. Selasa (07/12/21)

Tim Trauma Healing terdiri dari 7 anggota Polresta Malang Kota diantaranya:

  1. Aipda Muis Andhika, S.Psi., M.M;
  2. Bripka Novan Adi Rosyadi, S.Psi.
  3. Bripka Yudha Rahma Prawira, S.Psi;
  4. Bripka Stefanus Jamjam, S.Psi.
  5. Bripka Yosef Dhoni, S.Psi.
  6. Brigadir Nindi Asatullah, S.Psi.
  7. Pengatur I Agassi Pamungkas, S.Psi.

Ketua Tim Trauma Healing Sama Ramah  Aipda Muis Andhika, S.Psi., M.M mengatakan untuk kegiatan pendampingan dan layanan Psikososial kepada korban bencana erupsi dimulai sekitar pukul 10:00 sampai pukul 13:00 WIB. Pelaksanaannya di Posko pengungsian di SMPN 02 Pronojiwo Jl Oro-Oro Ombo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang dan mendatangi ke rumah wargake yang berada disepanjang jl. Oro-Oro Ombo.

“Selama pendampingan Psikososial, warga masih dalam kondisi lelah dan memikirkan harta benda yg ditinggalkan (khususnya hewan ternak), saat siang hari dibeberapa shelter pengungsian tampak kosong pengungsi, sebab warga juga masih harus bekerja dan baru malamnya kembali ke shelter pengungsian, Sementara sebagian lagi dilakukan  pergeseran dari shelter lainnya untuk penataan oleh pihak terkait.” jelas Aipda Muis

Tim Trauma Healing melaksanakan psikososial kepada adik-adik dan orang tua dengan memberi support berupa penguatan motivasi dan fun games kepada korban di pengungsian, tidak hanya itu saja, tim sama ramah juga membagikan sarana kontak seperti masker, snack, biskuit, makanan ringan serta nasi kotak kepada anak-anak dan orang tua disekitar posko pengungsian Jl Oro oro ombo.

“Alhamdulillah selama pendampingan, warga menerima apa yang dusampaikan dan apa yang diberikan oleh Tim Kami ( Tim Trauma Healing Sama Rama), Kondisi Psikologi korban di Shelter masih stabil, sebab sebagian masyarakat juga sudah siaga jika terjadi erupsi Gunung Semeru.” Pungkas Aipda Muis.

Warga yang sudah didampingi mengapresiasi secara positif atas kedatangan dan pendampingan Tim Trauma Healing Sama Ramah Polresta Malang Kota yang sudah memberikan pendampingan psikososial kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

By syugmay

Leave a Reply

Your email address will not be published.