Wed. Dec 7th, 2022

Tabanan, Bali – Dalam rangka mengantisipasi dan penanggulangan bencana alam disaat cuaca ekstrim, Polres Tabanan menggelar Apel gabungan siaga bencana yang dipimpin Kapolres AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H. di Lapangan Apel Polres Tabanan. Hadir dalam apel tersebut Dandim 1619 Tabanan diwakili oleh Danramil 1619-01 Tabanan, Kasi kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Tabanan, perwakilan Dinas kesehatan dan PJU Polres Tabanan

Apel siaga bencana diikuti oleh 1 Pleton Samapta dan Staf, 1 Pleton Kodim 1619 Tabanan, 1 Pleton BPBD Kabupaten Tabanan, 1 Pleton Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Dinas PUPR Kabupaten Tabanan, 1 Pleton gabungan dari satuan Intelkam, Reskrim dan Narkoba Polres Tabanan.

Dalam sambutannya Kapolres Tabanan AKBP Ranefli mengatakan tujuan apel bersama dan pergelaran peralatan dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kabupaten Tabanan ini dilaksanakan adalah dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam timbul karena dampak dari cuaca yang ekstrim.

“Curah hujan dengan intensitas tinggi, angin kencang dan hujan badai yang disertai kilat petir, untuk itu kita semua bersama sama melakukan langkah antisipasi dan mitigasi bencana, kita semua harus menyamakan persepsi, kedepannya untuk penanganan bencana alam agar lebih responsif dan aktif dalam penanganan.” Ungkap Kapolres Tabanan.

AKBP Ranefli juga menegaskan sinergitas dan solidaritas sisi kemanusiaan lebih diutamakan agar dalam penanganan bencana ataupun saat melakukan pekerjaan bisa terasa ringan.

“Penaggulangan bencana lebih terkontrol dan terkendali, perlu adanya Sinergitas dan Soliditas dengan turun secara bersama -sama, sebab pekerjaan akan terasa ringan serta tetap melaksanakan kerja sama, seinten mungkin bisa memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.” Tegas Kapolres Tabanan

Kapolres Tabanan juga mengatakan pencarian korban yang terseret arus sungai Yeh Ho di perbatasan antara Desa Tibubiyu Kecamatan Kerambitan dengan Desa Beraban Kecamatan Selemadeg Timur, masih terus dilakukan.

“Sampai saat ini, dihari ke-5 kita masih berupaya melakukan pencarian dan tetapā° bersinergi dengan TNI, Basarnas, Pol Airud Polda Bali, Tim SAR Brimob Polda Bali, BPBD Kabupaten Tabanan, relawan dan masyarakat setempat.” Kata Kapolres Tabanan

Himbauan dan pesan kepada personil, agar terus melakukan kewaspadaan bencana, serta menyalurkan pesan secara berantai, baik untuk keluarga maupun masyarakat umum.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, bahwa cuaca ekstrim juga melanda di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Kabupaten Tabanan, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati, jika terjadi hujan lebat dan banjir hendaknya tidak memaksakan diri menerobos banjir, mencari tempat yang aman, Carilah tempat berteduh di tempat yang aman dan berada di ketinggian ”  Himbau Kapolres Tabanan. (Rabu,12/10/2022)

Selesai Apel Kesiapsiagaan Bencana, Kapolres Tabanan bersama Perwakilan Kodim 1619 Tabanan, BPBD, Dinas Kesehatan, PUPR dan PJU Polres Tabanan melakukan pengecekan sarana dan prasarana (Sarpras) untuk penanggulangan bencana yang digelar di halaman Mapolres Tabanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.