Wed. Dec 7th, 2022

Tabanan, Bali – Selain ntuk meningkatkan situasi Kamtibmas agar lebih kondusif dan mendukung Presidensi G.20 yang akan berlangsung bulan Nopember di Nusa Dua. Pada hari jumat ini (14/10) sekitar pukul 08:00 Wita. Polres Tabanan melaksanakan Latihan pra operasi cipta kondisi (Latpra Ops) Cipkon Agung 2022 di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan.

Latpra Ops Cipkon Agung 2022, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukadana, S.H., MH dan diikuti para PJU serta 70 personil yang terlibat.

Kabag Ops Kompol I Nyoman Sukadana selaku Karendal Ops dalam pembukaan kegiatan menyampaikan tujuan Operasi, Sasaran Ops dan cara bertindak yang harus sesuai dengan SOP dan sesuai dengan peraturan per Undang-Undangan.

“Operasi Kepolisian kewilayahan ini dengan Sandi Ops Cipkon Agung 2022 pelaksaannya selama 16 hari, terhitung mulai tanggal 17 Oktober s/d 1 Nopember 2022, dengan melibatkan 70 personil. Dengan tujuan menjaga situasi Kamtibmas yang dan meningkatkan kondusifitas sekaligus bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Delegasi yang akan hadir pada KTT G-20 hingga puncak acara pada bulan Nopermber 2022 nanti” Jelas Kabag Ops.

Secara mekanisme Kabag Ops juga menegaskan dalam SOP pelaksanaan.

“Mekanisme dan manjemen pelaksanaan Operasi melibatkan personil yang terseprin, time line pelaksanaan Operasi, tujuan Operasi, cara penindakan harus sesuai dengan SOP dan sesuai peraturan per Undang-Undangan.” ungkap Kabag Ops

Materi Latpra Ops yang disampaikan Kabag Ops, selain meningkatkan kamtibmas, juga mencegah gangguan sedini mungkin, yang bisa memicu atau menimbulkan gangguan umum.

“Terciptanya Sitkamtibmas yang aman dan kondusif, mencegah dan menangkal segala bentuk potensi ancaman, mempersempit bahkan meniadakan ruang gerak dan pengaruh terorisme serta ancaman kriminalitas lainnya, baik adanya kekerasan/intimidasi berbahaya.” Tegas Kabag Ops Polres Tabanan

Kabag Ops juga berpesan, Ikuti dan laksanakan Lat Pra Ops ini dengan sungguh-sungguh sebagai bekal nanti agar kegiatan Operasi dapat berhasil maksimal.

Cara bertindak berpedoman dan harus sesuai SOP, ada kesamaan persepsi di masing-masing Sat Gas, kompak, saling mendukung dan tetap terjalin komunikasi, koordinasi antar Sat gas dan antar personal.

“Mari pertahankan dan lebih ditingkatkan situasi Kamtibmas Kabupaten Tabanan yang aman dan kondusif, dan yang paling penting jangan sampai ada permasalahan dari kalangan Internal, terus bangun kebersamaan, tingkatkan kepercayaan Masyarakat untuk mewujudkan situasi kamtibmas Tabanan yang aman dan Kondusif”. Tutup Kabag Ops.

Leave a Reply

Your email address will not be published.