Mon. Feb 6th, 2023

Kabarnasional.id | Cianjur – Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistiyanto melakukan peninjauan lokasi gempa Cianjur, Jawa Barat (Jabar) hari ini, Sabtu (25/11). Tinjauan itu dilakukan guna memastikan kesiapan personel dan sarana pencarian korban yang masih hilang akibat longsor tercukupi.

Arief mengatakan, terdapat tambahan bantuan helikopter yang kembali dikirimkan untuk membantu proses pencarian korban hilang.

“Saya pertama bertemu Pak Kapolda karena kemaren sudah laporan ke saya membutuhkan bantuan helikopter dan sudah saya kirimkan,” kata Arief di lokasi gempa Cianjur, Jabar, Sabtu (25/11).

Menurut Arief, dirinya siap mengirimkan bantuan personel maupun sarana guna menunjang pencarian korban hingga pemenuhan kebutuhan pengungsi di seluruh posko, serta desa terisolir.

“Saya sampaikan kepada Pak Kapolda, kalau masih memerlukan bantuan teknis K9, kami akan kirimkan,” ujar Arief.

Sejauh ini, kata Arief, terdapat 5 ekor satwa dari Direktorat Satwa Mabes Polri telah dikirimkan dan dari Polda Jabar dikirimkan 4 ekor satwa. Dengan jumlah tersebut, diyakini masih tercukupi. Lebih lanjut disebutkan Arief, untuk pengerahan satwa K9 sendiri memerlukan spesifikasi anjing yang khusus dapat mencari korban di reruntuhan.

Sementara, untuk helikopter, sampai saat ini terdapat dua unit yang sudah berada di lokasi untuk digunakan mendistribusikan kebutuhan pokok bagi warga terisolir.

Selain itu, Arief juga memberikan pengarahan kepada personel yang menjadi bawah kendali operasi (BKO). Personel tersebut diminta untuk disiplin dan kesehatan.

“Yang penting jaga disiplin, jaga kesehatan, dan benar-benar melakukan operasi kemanusiaan, karena masih ada beberapa korban yang belum ditemukan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.